Jumat, 25 Mei 2012

Lindungi Browsing Internet Dari Virus Menggunakan Panda Cloud Anti Virus

Demi kenyamanan dan keamanan anda berinternet yang salah satunya adalah mengunjungi situs kami maka ada baiknya anda menyimak artikel pendek ini.

Aplikasi berbasis cloud computing (cloud = internet) akan semakin banyak diadopsi. Salah satunya adalah sebuah aplikasi antivirus yang dirilis oleh perusahaan antivirus asal Spanyol yaitu Panda Security. Perusahaan yang terkenal dengan Panda Internet Security dan Panda Antivirus mencoba memperkenalkan metode baru yang belum pernah ada sebelumnya. Aplikasi yang dinamakan Panda Cloud Antivirus (atau Internet Antivirus) ini ditempatkan di lingkungan yang disebut dengan cloud/internet. Aplikasi ini bersifat gratis dan saat ini aplikasi ini sudah tersedia dalam versi Final.

Perlu diketahui cloud computing (cloud = internet) adalah sebuah lingkungan yang dirancang bagi para pengguna untuk dapat mengakses aplikasi dari berbagai perangkat yang terhubung dengan internet dari belahan dunia manapun yang secara drastis mengurangi tenaga untuk memproses (procesor) dan meningkatkan produktivitas.

Panda Cloud Antivirus (atau Internet Antivirus) memperkenalkan dua metode baru :
1. Sistem deteksi otomatis dan real time yang berjalan langsung dari cloud/internet.
2. Penggunaan ultra-lightweight thin-client agent yang berfungsi memindahkan seluruh proses kerja antivirus dari PC lokal ke server pusat.

Deteksi secara otomatis menggunakan teknologi yang disebut dengan Panda Collective Intelligence. Teknologi ini adalah sebuah kumpulan data yang berjalan secara online dari lingkungan cloud/internet yang dapat memproteksi komputer dari ancaman malware, virus, rootkit, trojan, dll. 

Karena aplikasi ini berjalan di internet, berbeda dengan antivirus tradisional, Panda Cloud Antivirus (atau Internet Antivirus) tidak membutuhkan proses update definisi virus. Lalu untuk memperoleh sampel malware baru, Panda Collective Intelligence mengumpulkan sampel – sampel baru tersebut yang didapat dari jutaan pengguna aplikasi keamanan mereka. Keuntungan penggunaan cloud/internet adalah penghematan waktu yang sangat drastis. Proses pengumpulan sampel hanya membutuhkan waktu 6 menit.


Pihak Panda mengklaim bahwa antivirus ini dapat mendeteksi virus dengan sangat cepat. Kemampuan deteksinya juga lebih tinggi, karena proses pemindaian langsung melalui server pusat. Dan satu hal yang pasti proses ini tidak membebankan kinerja prosesor komputer kita. Kalaupun ada, beban yang didapat sangatlah kecil.

Untuk mencoba aplikasi ini dapat di download secara gratis di website resmi Panda Cloud http://www.cloudantivirus.com/. ”Truly install and forget. Don’t worry about updates, configuration or complicated decisions ever again.”


0 komentar:

Posting Komentar